Langsung ke konten utama

OPSI 2012 Teknik PWK

Teknik Planology atau biasa di sebut Teknik perencanaan wilayah dan kota (Tek.pwk) adalah salah satu jurusan di UIN Alauddin makassar. Jurusan ini bisa di bilang jurusan favorit karena pendaftarnya cukup besar dari tahun ke tahun. Ini adalah pekerjaan rumah yang besar bagi senior senior untuk menyatukan visi dan misi serta membantu menciptakan kesolidaritasan tiap angkatan juga membantu mereka menemukan jati dirinya sebagai seorang teknikers sejati yang pantang menyerah, bermental kuat, mandiri dan tidak cengeng dalam menghadapi kehidupan ini kedepannya. Senior juga mengajarkan bagaimana berproses dan mengenalkan dunia PWK itu seperti apa bentuknya dan modelnya. Salah satu kegiatan bina akrab untuk mahasiswa calon planners UIN makassar biasa  disebut OPSI yaitu satu kegiatan tahunan yang membedakan Tek.pwk UIN Makassar dengan tek. pwk di universitas lain.


OPSI adalah singkatan dari Orientasi Pengenalan Profesi, suatu kegiatan dimana mahasiswa calon planner di tuntun serta diperkenalkan mengenai profesinya setelah lulus dan mengemban gelar S.T di belakang namanya. kegiatan ini juga membantu mahasiswa baru untuk saling mengenal dengan senior dan rekan rekannya. Membantu mempererat solidaritas dan menyatukan visi & misi didalam naungan Himpunan Mahasiswa Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota ( HMJ PWK ).

Itu tadi sedikit perkenalan tentang OPSI.. Sekarang saya akan bercerita tentang OPSI 2012 yang di adakan di kawasan Wisata Le'ja (kabupaten soppeng). 

Setelah beberapa kali menimang nimbang akhirnya ketua jurusan Tek. pwk memutuskan bahwa OPSI 2012 akan dilaksanakan di kawasan wisata Lejja yang berada di wilayah teritorial kabupaten Soppeng. Persiapan mulai dilaksanakan, panitia pelaksana mulai dibentuk senior senior angkatan tahun 2010 (kader angkatan 2008) mulai di sibukkan dalam rapat demi rapat dalam menyukseskan acara tahunan ini. Pemilihan ketua panitia ( ketupat ) dilaksanakan serta pembentukan beberapa seksi seksi yang akan mengurusi beberapa kegiatan. Arahan arahan serta bimbingan juga peringatan tentang persiapan fisik dan mental bagi para peserta tak henti di ingatkan senior kepada maba nya. Tak lupa juga tentang persiapan survey yaitu beberapa kertas, peta dasar, selalu coba diingatkan agar tidak dilupakan saat berangkat ke lokasi. 

1 bulan persiapan pemantapan dan pembentukan kepanitiaan dilaksanakan akhirnya sampailah pada hari yang ditunggu tunggu tiba. tanggal 21 november 2012 menjadi acara pembuka acara ini, diadakan di auditorium kampus hijau UIN alauddin Makassar. tanggal 22 november tepat hari kamis adalah hari keberangkatan di lokasi tujuan dan akan kembali pada hari minggu tnggal 25 nov. 

Kegiatan yang di adakan selama 4 hari itu cukup dibilang sukses karena banyak kesan kesan menarik didalamnya. kolam air panas lejja tak akan pernah dilupakan. Malam pengkaderan/pembaiatan yang mungkin membantu mahasiswa baru mengenali dunianya, membantu mempererat solidaritasnya, melatih mental, menguji adrenalin, serta menguji ketahanan serta lebih mengajarkan bahwa etika dan moral itu sangat dijunjung tinggi di dunia teknik apalagi Pwk.

Tawa dan tangis bahagia terdengar di hari terakhir kami di kawasan wisata lejja itu dalam kegiatan OPSI, "jaga selalu kekompakan kalian, kalian adalah saudara, tetap solid serta saling menjaga satu sama lain." ucap ketua panitia

Kalian harus ingat jika aku bertanya "berapa jumlah kita?" maka kalian harus jawab "1 (satu)"
Hidup PWK " "WE ARE THE CHAMPION"

"SELAMAT DATANG ADIK-ADIK MAHASISWA BARU ANGKATAN 2012 DI KELUARGA BESAR TEKNIK PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA"

foto saat olahraga pagi





Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI LOKASI (PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA)

1.Teori Klasik Menurut Reksohadiprojo-Karseno (1985)  Teori sewa dan lokasi tanah ,   pada dasarnya merupakan bagian dari teori mikro tentang alokasi dan penentuan harga-harga faktor produksi. Seperti halnya upah yang merupakan “harga” bagi jasa tenaga kerja, maka sewa tanah adalah harga atas jasa sewa tanah. David Ricardo , berpendapat bahwa penduduk akan tumbuh sedemikian rupa sehingga tanah-tanah yang tidak subur akan digunakan dalam proses produksi, dimana sudah tidak bermanfaat lagi bagi pemenuhan kebutuhan manusia yang berada pada batas minimum kehidupan. Sehingga, “sewa tanah akan sama dengan penerimaan dikurangi harga faktor produksi bukan tanah di dalam persaingan sempurna dan akan proporsional dengan selisih kesuburan tanah tersebut atas tanah yang paling rendah tingkat kesuburannya. Berkenaan dengan kota, biasanya tingginya nilai tanah bukanlah tingkat kesuburan tanah tersebut, tetapi lebih sering dikaitkan dengan jarak atau letak tanah (Reksohadiprojo-Karseno, 1985:25).

Profil program studi Teknik Planologi (Perencanaan wilayah dan Kota)

                Sebagai seorang mahasiswa planologi saya menyadari bahwa pengetahuan masyarakat mengenai program studi / jurusan ini sangat kurang, khususnya bagi para calon – calon mahasiswa yang sedang mencari jurusan untuk melanjutkan studinya .          Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Teknik Planologi, merupakan salah satu program studi di UIN Alauddin Makassar, berdiri pada tahun 2006 silam. PWK adalah program studi yang berkaitan dengan berbagai bidang ilmu yang lain, baik ilmu keteknikan maupun sosial ekonomi.

makalah tentang Ruang Terbuka Hijau dalam perencanaan kota

Ruang Terbuka Hijau Dalam Perencanaan Kota Penulis : Febry Aristian Jurusan Teknik Perencanaan wilayah dan kota Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar                                                                                                                                 Abstrak Kota merupakan tempat para warga melangsungkan berbagai aktivitasnya, sehingga pengembangannya mestinya diarahkan agar dapat memenuhi tuntutan kebutuhan fisik dan spiritual. Tapi banyak ditemukan suatu kota yang perencanaannya dilakukan secara kurang memadai, sehingga menjadi lesu. Dalam makalah ini membahas tentang peran RTH dalam perencanaan kota karena RTH merupakan Sesuatu yang sangat penting dalam perencanaan kota . Dengan dibentuknya ruang-ruang terbuka hijau tersebut, dapat disusun suatu jaringan RTH-kota yang berfungsi meningkatkan kualitas lingkungan hidup perkotaan yang nyaman, segar, bersih, sehat, dan indah. Di samping memperhitungkan aspek