Langsung ke konten utama

Aspek yang harus di perhitungkan dalam perencanaan wilayah dan kota


Estetika

Kota dan kota telah direncanakan dengan estetika dalam pikiran, di sini di Bath (Inggris), abad pengembangan sektor swasta 18 dirancang untuk tampil menarik.

Kota dan kota telah direncanakan dengan estetika dalam pikiran, di sini di Bath (Inggris), abad pengembangan sektor swasta 18 dirancang untuk tampil menarik.

Di negara maju telah terjadi kekacauan Penolakan terhadap buatan manusia yang berlebihan di lingkungan, seperti rambu-rambu, tanda, dan lari isu-isu lain yang menimbulkan perdebatan yang kuat antara desainer perkotaan ketegangan antara pertumbuhan perifer, peningkatan kepadatan perumahan dan permukiman baru direncanakan. Ada juga perdebatan tanpa akhir tentang manfaat tenor pencampuran dan penggunaan lahan, versus manfaat membedakan zona geografis yang berbeda menggunakan mendominasi.


perencanaan kota yang sukses mempertimbangkan karakter, dari "rumah" dan "rasa tempat", identitas lokal, menghormati warisan alam, artistik dan bersejarah, pemahaman dari "gandum perkotaan" atau "townscape," pejalan kaki dan mode lain lalu lintas, utilitas dan bencana alam, seperti zona banjir.

Beberapa berpendapat bahwa piazza abad pertengahan dan arcade adalah unsur yang paling banyak dihargai desain perkotaan berhasil, seperti yang ditunjukkan oleh kota-kota Italia Siena dan Bologna

Meskipun jarang bahwa kota direncanakan dari awal, perencana yang penting dalam mengelola pertumbuhan kota-kota, menerapkan alat-alat seperti zonasi untuk mengelola penggunaan lahan, dan manajemen pertumbuhan untuk mengelola laju pembangunan. Ketika diperiksa secara historis, banyak dari kota-kota sekarang dianggap paling indah adalah hasil dari padat, sistem tahan lama larangan dan bimbingan tentang membangun ukuran, menggunakan dan fitur. Substansial kebebasan ini diperbolehkan, namun menegakkan gaya, keselamatan, dan sering bahan dengan cara praktis. Banyak teknik perencanaan konvensional sedang dikemas menggunakan istilah kontemporer, pertumbuhan cerdas.

Ada beberapa kota yang telah direncanakan dari konsepsi, dan sementara hasilnya sering tidak berubah cukup seperti yang direncanakan, bukti rencana awal sering tetap. (Lihat Daftar kota terencana)

Keselamatan

Kota bertembok abad pertengahan Carcassonne di Perancis dibangun di atas tanah tinggi untuk memberikan perlindungan yang maksimal dari penyerang.

Kota bertembok abad pertengahan Carcassonne di Perancis dibangun di atas tanah tinggi untuk memberikan perlindungan yang maksimal dari penyerang.

Secara historis di Timur Tengah, Eropa dan sisanya dari pemukiman Dunia Lama yang terletak di dataran yang lebih tinggi (untuk pertahanan) dan dekat dengan sumber air tawar [rujukan?]. Kota-kota sering tumbuh ke dataran pantai dan banjir pada risiko banjir dan badai. Perencana kota harus mempertimbangkan ancaman ini. Jika bahaya bisa dilokalisasi maka daerah yang terkena dapat dibuat menjadi taman atau Greenbelt, sering dengan manfaat tambahan penyediaan ruang terbuka.

Cuaca ekstrim, banjir, atau keadaan darurat sering dapat sangat dikurangi dengan rute evakuasi darurat aman dan operasi darurat pusat. Ini adalah relatif murah dan unintrusive, dan banyak menganggap mereka tindakan pencegahan yang wajar untuk setiap ruang kota. Banyak kota juga akan telah merencanakan, fitur keamanan yang dibangun, seperti tanggul, tembok penahan, dan tempat penampungan.

Dalam beberapa tahun terakhir, praktisi juga diharapkan dapat memaksimalkan aksesibilitas suatu wilayah untuk orang dengan kemampuan yang berbeda, berlatih gagasan "desain inklusif," untuk mengantisipasi perilaku kriminal dan akibatnya dengan "desain-out kejahatan" dan untuk mempertimbangkan "lalu lintas menenangkan "atau" pedestrianization "sebagai cara untuk membuat kehidupan perkotaan lebih menyenangkan.

perencanaan tata kota mencoba untuk mengontrol kejahatan dengan struktur yang dirancang dari teori-teori seperti sosio-arsitektur atau determinisme lingkungan. Teori ini mengatakan bahwa lingkungan perkotaan dapat mempengaruhi kepatuhan individu untuk aturan sosial. Teori-teori sering mengatakan bahwa tekanan psikologis berkembang di daerah yang lugu lebih padat dikembangkan,. stres ini menyebabkan beberapa kejahatan dan beberapa penggunaan obat-obatan terlarang. penawar biasanya ruang lebih individual dan lebih baik, desain lebih indah di tempat fungsionalisme.

ruang teori dipertahankan Oscar Newman mengutip proyek perumahan modernis tahun 1960-an sebagai contoh determinisme lingkungan, dimana blok besar flat dikelilingi oleh area publik bersama dan memisahkan diri, yang sulit bagi warga untuk mengidentifikasi dengan. Sebagai orang yang berpenghasilan lebih rendah tidak dapat menyewa orang lain untuk menjaga ruang publik seperti petugas keamanan atau penjaga dasar, dan karena tidak ada individu merasa bertanggung jawab secara pribadi, ada kemerosotan umum ruang publik yang mengarah ke rasa keterasingan dan Sumber kekacauan sosial

Jane Jacobs merupakan determinisme lingkungan penting dan berhubungan dengan "mata di jalan" konsep. Dengan meningkatkan 'pengawasan alami' tanah bersama dan fasilitas warga setempat oleh harfiah meningkatkan jumlah orang yang bisa melihatnya, dan meningkatkan keakraban penduduk, sebagai sebuah kolektif, penghuni dapat lebih mudah mendeteksi perilaku yang tidak diinginkan atau kriminal.

The "patah-jendela" teori berpendapat bahwa indikator kecil diabaikan, seperti jendela pecah dan halaman rumput terawat, mempromosikan perasaan bahwa suatu daerah dalam keadaan rusak. Mengantisipasi pembusukan, orang juga gagal untuk mempertahankan sifat mereka sendiri. Teori ini menunjukkan bahwa penelantaran menyebabkan kejahatan, daripada kejahatan yang menyebabkan pengabaian [rujukan?].

Beberapa metode perencanaan dapat membantu suatu kelompok elit untuk mengontrol warga biasa. renovasi Haussmann Paris menciptakan sebuah sistem jalan besar lebar yang mencegah pembangunan barikade di jalan-jalan dan bergeser pergerakan pasukan militer. Di Roma, kaum fasis pada tahun 1930 dibuat pinggiran kota ex novo baru dalam rangka untuk berkonsentrasi penjahat dan kelas miskin jauh dari kota elegan.

teori sosial lain menunjukkan bahwa di Inggris dan negara-negara yang paling sejak abad ke-18, transformasi masyarakat dari pertanian pedesaan ke industri menyebabkan adaptasi sulit untuk hidup perkotaan. Teori ini menekankan bahwa kebijakan perencanaan banyak mengabaikan ketegangan pribadi, memaksa individu untuk hidup dalam kondisi extraneity abadi ke kota-kota mereka. Banyak orang karena kurangnya kenyamanan merasa "di rumah" ketika di rumah. Seringkali teoretikus mencari peninjauan kembali atas biasa digunakan "standar" yang merasionalisasikan hasil pasar bebas (relatif tidak diatur).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI LOKASI (PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA)

1.Teori Klasik Menurut Reksohadiprojo-Karseno (1985)  Teori sewa dan lokasi tanah ,   pada dasarnya merupakan bagian dari teori mikro tentang alokasi dan penentuan harga-harga faktor produksi. Seperti halnya upah yang merupakan “harga” bagi jasa tenaga kerja, maka sewa tanah adalah harga atas jasa sewa tanah. David Ricardo , berpendapat bahwa penduduk akan tumbuh sedemikian rupa sehingga tanah-tanah yang tidak subur akan digunakan dalam proses produksi, dimana sudah tidak bermanfaat lagi bagi pemenuhan kebutuhan manusia yang berada pada batas minimum kehidupan. Sehingga, “sewa tanah akan sama dengan penerimaan dikurangi harga faktor produksi bukan tanah di dalam persaingan sempurna dan akan proporsional dengan selisih kesuburan tanah tersebut atas tanah yang paling rendah tingkat kesuburannya. Berkenaan dengan kota, biasanya tingginya nilai tanah bukanlah tingkat kesuburan tanah tersebut, tetapi lebih sering dikaitkan dengan jarak atau letak tanah (Reksohadiprojo-Karseno, 1985:25).

Profil program studi Teknik Planologi (Perencanaan wilayah dan Kota)

                Sebagai seorang mahasiswa planologi saya menyadari bahwa pengetahuan masyarakat mengenai program studi / jurusan ini sangat kurang, khususnya bagi para calon – calon mahasiswa yang sedang mencari jurusan untuk melanjutkan studinya .          Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Teknik Planologi, merupakan salah satu program studi di UIN Alauddin Makassar, berdiri pada tahun 2006 silam. PWK adalah program studi yang berkaitan dengan berbagai bidang ilmu yang lain, baik ilmu keteknikan maupun sosial ekonomi.

makalah tentang Ruang Terbuka Hijau dalam perencanaan kota

Ruang Terbuka Hijau Dalam Perencanaan Kota Penulis : Febry Aristian Jurusan Teknik Perencanaan wilayah dan kota Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar                                                                                                                                 Abstrak Kota merupakan tempat para warga melangsungkan berbagai aktivitasnya, sehingga pengembangannya mestinya diarahkan agar dapat memenuhi tuntutan kebutuhan fisik dan spiritual. Tapi banyak ditemukan suatu kota yang perencanaannya dilakukan secara kurang memadai, sehingga menjadi lesu. Dalam makalah ini membahas tentang peran RTH dalam perencanaan kota karena RTH merupakan Sesuatu yang sangat penting dalam perencanaan kota . Dengan dibentuknya ruang-ruang terbuka hijau tersebut, dapat disusun suatu jaringan RTH-kota yang berfungsi meningkatkan kualitas lingkungan hidup perkotaan yang nyaman, segar, bersih, sehat, dan indah. Di samping memperhitungkan aspek