Langsung ke konten utama

Surga Kecil Indonesia yang Terlupakan Di Negara Sendiri , KOTA BAU-BAU


kota bau-bau, kota yang pernah menjadi lokasi syuting salah satu FTV di sctv ini, merupakan kota kecil yang terdapat diselatan provinsi sulawesi tenggara tepatnya dipulau buton tempat penghasil aspal terbesar di dunia, siapa yang menyangka kota yang kecil ini menyimpan begitu banyak objek wisata yang sangat indah.


Kota bau - bau memiliki potensi wisata dan daya tarik wisata budaya dan wisata alam yang cukup representatif untuk dikembangkan. Juga sekaligus sebagai pusat budaya kesultanan buton sehingga menjadikan kota bau - bau memiliki obyek wisata dari peninggalan sejarah dan kebudayaan yang sangat menarik bagi wisatawan lokal maupun macananegara.

Kota BAU-BAU 


Kota Bau-Bau
kota bau-bau ! Mendengar namanya kita pasti merasa aneh,,, tapi ga usah kuatir nama dari kota ini berbanding terbalik dari keindahan alam yang dimiliki kota ini

Salah satu pemandangan kota Bau-Bau 



Kompleks Keraton Buton 


Deskripsi  

kompleks yang merupakan benteng keraton "terluas di dunia ini" mengunjungi satu-satunya bukti peninggalan sejarah kejayaan kesultanan buton beratus-ratus tahun lalu yang hingga saat ini masih dipelihara baik, yakni kompleks keraton buton. Benteng keraton, rumah adat, perlengkapan/peralatan perang, sebuah masjid yang dibangun pada abad 16 masehi, perlengkapan rumah tangga, sampai dengan turunan garis lurus kesultanan, wisatawan dapat menyaksikan di tempat ini.

Pantai Nirwana 


Tentang Pantai Nirwana 

Merupakan pantai berpasir putih memanjang sekitar 4 km yang menghadap ke laut lepas, di mana wisatawan dapat menyalurkan hobi berolahraga air atau sekedar bersantai di suasana pantai yang hangat.

Kali bau %u2013 bau 

Obyek wisata ini sebagai tempat memancing ikan air tawar, berenang dan rekreasi bersama keluarga.

Gua lakasa 

Obyek wisata gua lakasa terletak di kelurahan sulaa kecamatan betoambari, sekitar ± 9 km dari pusat kota bau-bau. Untuk mencapainya wisatawan dapat melalui jalur darat. Obyek wisata ini sangat indah untuk melihat keindahan stalastik gua.

Gua kaisabu 

Gua ini terletak hanya sekitar 1 km dari tepi jalan kabupaten. Gua ini terletak pada dinding sebuah gunung karts. Untuk mencapai mulut gua wisatawan harus memanjat dinding tebing yang cukup terjal dengan ketinggian ± 100 meter.

Permandian alam bungi 

Permandian alam bungi
Permandian alam bungi berjarak ± 8 km dari pusat kota bau-bau yang dapat ditempuh melalui jalur transportasi darat dan laut. Obyek wisata ini menyuguhkan panorama air terjun bertingkat yang sejuk di bawah kerindangan pohon yang cukup rindang.

Air terjun samparona 

untuk mencapai air terjun samparona, wisatawan dapat menempuh dengan berjalan kaki menelusuri jalan setapak dan melewati sawah dan kebun penduduk serta hutan tropis yang cukup lebat.

Pantai kokalukuna 

Obyek wisata kokalukuna terletak di kelurahan waruruma kecamatan wolio, sekitar 7 km dari pusat kota bau-bau, dapat ditempuh dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Pantai lakeba 

obyek wisata pantai lakeba berjarak sekitar 7 km dari kota bau-bau dan biasanya ditempuh melalui transportasi darat. Pantai ini sangat baik untuk menjemur pada waktu siang, berenang, menyelam serta menikmati indahnya matahari terbenam.

Kamali ( alun- alun kota dari bau-bau) 

kamali merupakan alun-alun kota. Tempat ini sering diadakan acara atau festival bagi masyarakat kota bau-bau.

Photo - photo keindahan Bau-Bau 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEORI LOKASI (PERENCANAAN WILAYAH DAN KOTA)

1.Teori Klasik Menurut Reksohadiprojo-Karseno (1985)  Teori sewa dan lokasi tanah ,   pada dasarnya merupakan bagian dari teori mikro tentang alokasi dan penentuan harga-harga faktor produksi. Seperti halnya upah yang merupakan “harga” bagi jasa tenaga kerja, maka sewa tanah adalah harga atas jasa sewa tanah. David Ricardo , berpendapat bahwa penduduk akan tumbuh sedemikian rupa sehingga tanah-tanah yang tidak subur akan digunakan dalam proses produksi, dimana sudah tidak bermanfaat lagi bagi pemenuhan kebutuhan manusia yang berada pada batas minimum kehidupan. Sehingga, “sewa tanah akan sama dengan penerimaan dikurangi harga faktor produksi bukan tanah di dalam persaingan sempurna dan akan proporsional dengan selisih kesuburan tanah tersebut atas tanah yang paling rendah tingkat kesuburannya. Berkenaan dengan kota, biasanya tingginya nilai tanah bukanlah tingkat kesuburan tanah tersebut, tetapi lebih sering dikaitkan dengan jarak atau letak tanah (Reksohadiprojo-Karseno, 1985:25).

Profil program studi Teknik Planologi (Perencanaan wilayah dan Kota)

                Sebagai seorang mahasiswa planologi saya menyadari bahwa pengetahuan masyarakat mengenai program studi / jurusan ini sangat kurang, khususnya bagi para calon – calon mahasiswa yang sedang mencari jurusan untuk melanjutkan studinya .          Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK), yang sebelumnya lebih dikenal dengan nama Teknik Planologi, merupakan salah satu program studi di UIN Alauddin Makassar, berdiri pada tahun 2006 silam. PWK adalah program studi yang berkaitan dengan berbagai bidang ilmu yang lain, baik ilmu keteknikan maupun sosial ekonomi.

makalah tentang Ruang Terbuka Hijau dalam perencanaan kota

Ruang Terbuka Hijau Dalam Perencanaan Kota Penulis : Febry Aristian Jurusan Teknik Perencanaan wilayah dan kota Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar                                                                                                                                 Abstrak Kota merupakan tempat para warga melangsungkan berbagai aktivitasnya, sehingga pengembangannya mestinya diarahkan agar dapat memenuhi tuntutan kebutuhan fisik dan spiritual. Tapi banyak ditemukan suatu kota yang perencanaannya dilakukan secara kurang memadai, sehingga menjadi lesu. Dalam makalah ini membahas tentang peran RTH dalam perencanaan kota karena RTH merupakan Sesuatu yang sangat penting dalam perencanaan kota . Dengan dibentuknya ruang-ruang terbuka hijau tersebut, dapat disusun suatu jaringan RTH-kota yang berfungsi meningkatkan kualitas lingkungan hidup perkotaan yang nyaman, segar, bersih, sehat, dan indah. Di samping memperhitungkan aspek